Friday, February 9, 2024

litosfer

Litosfer


 

litosfer  adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Lapisan-lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut:

Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua. 

  Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer. 
  Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer. Baik barisfer maupun astenosfer merujuk pada lapisan mantel yang lebih lembek dan plastis dibandingkan litosfer di atasnya. Siklus batuan adalah proses alami di mana batuan di Bumi terbentuk, dimodifikasi, dan kemudian hancur menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian terangkut, mengendap, dan terkompresi kembali menjadi batuan baru. Siklus ini terdiri dari tiga tahap utama: Pembentukan (Petrogenesis): Tahap pertama dalam siklus batuan adalah pembentukan batuan. Ini bisa terjadi melalui beberapa proses, termasuk pembekuan magma untuk membentuk batuan beku (igneous), pemadatan dan metamorfosis batuan prasasti atau beku yang sudah ada untuk membentuk batuan metamorf (metamorphic), atau pengendapan partikel-partikel yang mengendap dan mengalami diagenesis untuk membentuk batuan sedimen (sedimentary). Modifikasi (Modification): Setelah terbentuk, batuan kemudian dapat dimodifikasi oleh proses-proses geologis seperti pergerakan lempeng tektonik, pelapukan, erosi, dan deformasi. Contoh modifikasi termasuk pemekaran dan pemampatan batuan oleh tekanan tektonik, pelapukan mekanik dan kimia oleh air, angin, atau es, serta transportasi partikel-partikel batuan oleh air, angin, atau gletser. Pengendapan dan Pembentukan Kembali (Deposition and Recrystallization): Potongan-potongan kecil batuan yang terbawa oleh proses transportasi di tahap modifikasi kemudian dapat mengendap di tempat lain, membentuk lapisan-lapisan baru dari endapan. Di bawah tekanan dan suhu yang tepat, endapan ini dapat terkompresi dan mengalami diagenesis, berubah menjadi batuan sedimen baru. Selain itu, batuan yang terbentuk pada tahap pertama dapat mengalami metamorfosis akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi, membentuk batuan metamorf baru . proses pembentukan batuan sedimen, batuan metamorf, dan batuan beku beserta contoh batuannya: 

  Proses Pembentukan Batuan Sedimen: 
                 Pelapukan: Batuan yang ada di permukaan Bumi terpecah menjadi potongan-potongan kecil melalui proses fisik (pelapukan mekanis) dan kimia (pelapukan kimia). Erosi: Potongan-potongan batuan yang terpecah kemudian terangkut oleh air, angin, es, atau gravitasi ke tempat lain. Transportasi: Potongan-potongan batuan tersebut diangkut oleh aliran air, angin, atau gletser ke lokasi yang lebih rendah atau datar. Pengendapan: Potongan-potongan batuan mengendap di tempat yang lebih rendah dan diam di sana untuk membentuk lapisan-lapisan baru. Diagenesis: Di bawah tekanan dan suhu yang tepat, endapan tersebut terkompresi dan mengalami reaksi kimia yang mengubahnya menjadi batuan sedimen. Contoh batuan sedimen: batu pasir, batu kapur, batu lempung, batu breksi. 
  Proses Batuan Metamorf: 
                 Metamorfosis: Batuan yang ada, baik batuan sedimen, beku, atau metamorf yang sudah ada, mengalami perubahan struktur dan komposisi mineral akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi. Rekristalisasi: Mineral dalam batuan yang mengalami metamorfosis tumbuh kembali atau berubah bentuk menjadi mineral baru yang lebih stabil pada kondisi tekanan dan suhu baru. Contoh batuan metamorf: marmer (dari batu kapur), kwarsit (dari batu pasir), lempung schist (dari batu lempung), granulit (dari batuan beku atau sedimen). 
  Proses Batuan Beku: 
                    Pembekuan Magma atau Lava: Magma yang naik ke permukaan Bumi mendingin dan membeku di tempat yang berbeda. Jika pembekuan terjadi di dalam Bumi, batuan beku tersebut disebut intrusif, sedangkan jika pembekuan terjadi di permukaan, batuan beku tersebut disebut ekstrusif. Kekristalan: Mineral-mineral dalam magma mendingin dan mengkristal, membentuk struktur kristal dalam batuan. Contoh batuan beku: granit (batuan beku intrusif), basal (batuan beku ekstrusif), dan obsidian (batuan beku kaca). Proses endogen dan eksogen adalah dua kategori utama proses geologis yang memengaruhi bentuk dan karakteristik permukaan Bumi. Berikut penjelasan singkat tentang keduanya beserta contoh dan dampaknya terhadap kehidupan: 
 
  Proses Endogen:
Proses endogen terjadi di dalam Bumi dan melibatkan kegiatan geologis yang terjadi di dalam mantel dan inti Bumi. Proses-proses ini termasuk tektonika lempeng, vulkanisme, dan seismisitas.
  Contoh Proses Endogen: Tektonika Lempeng: Pergerakan lempeng tektonik yang menyebabkan terbentuknya pegunungan, lembah, dan retakan tektonik

Epirogenesis positif dan negatif adalah dua jenis pergerakan tektonik yang menghasilkan perubahan dalam elevasi besar wilayah luas di permukaan Bumi. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

  1. Epirogenesis Positif:

    • Epirogenesis positif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami peningkatan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.
    • Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pergerakan mantel bumi yang melibatkan perubahan pada batuan yang lebih dalam di bawah litosfer.
    • Contoh dari epirogenesis positif adalah proses pembentukan pegunungan atau daratan yang mengalami peningkatan elevasi secara bertahap dalam jangka waktu geologis yang panjang.
  2. Epirogenesis Negatif:

    • Epirogenesis negatif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami penurunan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.
    • Ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pencairan es besar-besaran (seperti yang terjadi selama periode es) atau pergerakan mantel bumi yang menyebabkan penurunan dalam batuan yang lebih dalam di bawah litosfer.
    • Contoh dari epirogenesis negatif adalah penurunan permukaan benua atau terbentuknya cekungan sedimentasi karena penurunan daratan secara bertahap.

Jadi, perbedaan utama antara epirogenesis positif dan negatif adalah arah perubahan elevasi permukaan Bumi: epirogenesis positif menyebabkan peningkatan elevasi, sedangkan epirogenesis negatif menyebabkan penurunan elevasi. Kedua proses ini mempengaruhi bentuk dan karakteristik permukaan Bumi dalam jangka waktu geologis yang panjang.

Patahan dan lipatan adalah dua fenomena geologis yang terjadi sebagai hasil dari aktivitas tektonik di permukaan Bumi. Berikut adalah perbedaan antara keduanya dan pengaruhnya terhadap kehidupan:

  1. Patahan:

     Definisi: Patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak Bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain.Proses: Patahan terjadi ketika tekanan di dalam kerak Bumi melebihi kekuatan batuan, yang menyebabkan batuan pecah dan bergeser.Contoh: Patahan San Andreas di California, Amerika Serikat, adalah contoh patahan besar yang terkenal.


  2. Pengaruh terhadap Kehidupan: Patahan dapat menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik, yang berpotensi merusak infrastruktur, menyebabkan kerugian materi, dan bahkan mengancam nyawa. Namun, patahan juga dapat mempengaruhi kehidupan dengan menciptakan lingkungan baru untuk keanekaragaman hayati.

  3. Lipatan:

     Definisi: Lipatan adalah tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horisontal dan menjadi lentur.Proses: Lipatan terbentuk ketika batuan yang bersifat elastis menerima tekanan horizontal dari pergerakan lempeng tektonik, sehingga mengalami deformasi plastis dan membentuk lipatan.Contoh: Pegunungan Himalaya adalah contoh lipatan yang besar dan kompleks yang terbentuk oleh tekanan konvergen antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

  4. Pengaruh terhadap Kehidupan: Lipatan dapat menciptakan kondisi geologi yang beragam, yang dapat mempengaruhi pola curah hujan, drainase, dan lahan yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Mereka juga bisa menjadi sumber mineral dan sumber daya alam lainnya.

Dalam konteks pengaruh terhadap kehidupan, baik patahan maupun lipatan dapat mempengaruhi bentuk dan karakteristik lahan, pola aliran air, serta kondisi ekologis yang mengarah pada keberagaman hayati. Namun, aktivitas seismik yang terkait dengan patahan dapat menimbulkan bahaya bagi manusia dan hewan.



. Vulkanisme: Aktivitas gunung berapi yang menciptakan dataran vulkanik, aliran lava, dan letusan yang dapat memengaruhi lingkungan sekitarnya. Seismisitas: Gempa bumi yang dapat menyebabkan kerusakan tanah, retakan, dan deformasi lahan. Dampak terhadap Kehidupan: Proses endogen dapat memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan. Misalnya, gempa bumi dan letusan gunung berapi dapat menyebabkan kerusakan infrastruktur, kehilangan sumber daya alam, serta berpotensi menimbulkan bahaya bagi jiwa dan harta benda.


 

  Proses Eksogen:
Proses eksogen terjadi di permukaan Bumi dan melibatkan pengaruh erosi, transportasi, dan deposisi bahan oleh faktor-faktor seperti air, angin, es, dan aktivitas organisme. Contoh Proses Eksogen: Erosi: Pengikisan tanah dan batuan oleh air, angin, atau es yang dapat membentuk lembah, jurang, dan bentuk lahan lainnya. Transportasi: Pergerakan material oleh air, angin, atau gletser yang membentuk sedimentasi dan membawa material ke lokasi baru. Deposisi: Pengendapan material oleh air, angin, atau es yang membentuk endapan seperti delta, rawa, atau sungai pasir. Dampak terhadap Kehidupan: Proses eksogen juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan. Erosi dapat menyebabkan hilangnya tanah subur dan degradasi lahan, sementara banjir dan longsor dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi manusia dan hewan. Namun, proses eksogen juga dapat menciptakan lingkungan yang subur dan beragam secara biologis. Keduanya, proses endogen dan eksogen, saling berinteraksi dan membentuk keragaman bentuk lahan dan fitur geologis di Bumi, yang pada gilirannya memengaruhi kehidupan di planet ini secara signifikan.

pelapukan

Pelapukan adalah proses alami di mana batuan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil karena pengaruh lingkungan. Pelapukan dapat terjadi melalui berbagai mekanisme, termasuk pelapukan fisika, kimia, dan biologi. Berikut penjelasan singkat tentang ketiganya beserta contohnya:

  1. Pelapukan Fisika (Mechanical Weathering):
    Pelapukan fisika terjadi ketika batuan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil tanpa perubahan komposisi kimia. Ini terjadi karena gaya-gaya fisik, seperti perubahan suhu, tekanan, atau aktivitas biologis.

  2. Pergeseran Tanah: Gerakan tanah yang mengalir di atas permukaan batuan dapat mengikis dan menghancurkannya.

  3. Tekanan Biologis: Akar tanaman tumbuh di dalam celah batuan, menekan dan memecahnya seiring waktu.

  4. Contoh Pelapukan Fisika:Pembekuan dan Pemuaian: Air yang masuk ke dalam celah-celah batuan membeku saat suhu turun di malam hari dan kemudian meleleh saat suhu naik di siang hari, menyebabkan pembentukan retakan.

  5. Pelapukan Kimia (Chemical Weathering):
    Pelapukan kimia terjadi ketika komposisi kimia batuan berubah karena interaksi dengan air, udara, atau substansi kimia lainnya. Proses ini mengubah mineral dalam batuan menjadi bentuk yang lebih stabil secara kimia.

  6. Karstifikasi: Pelarutan batuan kapur oleh air yang mengandung karbon dioksida membentuk gua, dolin, dan bentuk lahan karst lainnya.

  7. Oksidasi: Mineral besi bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk karat atau oksida besi, mengubah sifat batuan.

  8. Hidrasi: Mineral-mineral tertentu, seperti besi sulfida, bereaksi dengan air untuk membentuk senyawa-senyawa baru, seperti karbonat besi dan asam sulfat, yang lebih mudah dipecah.

  9. Contoh Pelapukan Kimia:

  10. Pelapukan Biologi (Biological Weathering):
    Pelapukan biologi melibatkan aktivitas organisme hidup yang membantu memecahkan dan mengubah batuan dengan cara mekanis atau kimia. Ini termasuk aktivitas akar tanaman, burung, serangga, dan mikroorganisme.

  11. Erosi oleh Hewan: Hewan yang menggali di tanah atau menggunakan batuan untuk membangun sarang atau kubangan juga dapat menyebabkan pelapukan mekanis.

  12. Contoh Pelapukan Biologi:Aksi Akar Tanaman: Akar tanaman menembus celah-celah batuan dan merusaknya saat tumbuh, menyebabkan pelapukan fisika dan kimia.

Pelapukan fisika, kimia, dan biologi adalah proses yang saling terkait dan sering terjadi bersama-sama dalam memengaruhi pembentukan dan bentuk permukaan Bumi.

173 comments:

  1. Nama: Ujang Rosidi
    Kelas : X2
    Litosfer Adalah, secara etimologi litosfer sendiri asal katanya dari lithos yang berarti batu serta sphere yang berarti bulatan. Sehingga litosfer merupakan lapisan batuan yang akan membentuk kulit bumi. Litosfer adalah lapisan bumi yang paling atas yang memiliki tebal 66 km dan terdiri oleh batuan.

    ReplyDelete
  2. Nama : Muhammad Aidil Saputra
    Kelas : 10.2
    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku.
    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer.
    Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.
    Proses Pembentukan Batuan Sedimen:
    Pelapukan: Batuan yang ada di permukaan Bumi terpecah menjadi potongan-potongan kecil melalui proses fisik (pelapukan mekanis) dan kimia (pelapukan kimia).
    Proses Batuan Metamorf:
    Metamorfosis: Batuan yang ada, baik batuan sedimen, beku, atau metamorf yang sudah ada, mengalami perubahan struktur dan komposisi mineral akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi.
    Proses Batuan Beku:
    Pembekuan Magma atau Lava: Magma yang naik ke permukaan Bumi mendingin dan membeku di tempat yang berbeda.
    Proses Endogen:
    Proses endogen terjadi di dalam Bumi dan melibatkan kegiatan geologis yang terjadi di dalam mantel dan inti Bumi.
    Epirogenesis Positif:

    Epirogenesis positif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami peningkatan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.
    Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pergerakan mantel bumi yang melibatkan perubahan pada batuan yang lebih dalam di bawah litosfer.
    Contoh dari epirogenesis positif adalah proses pembentukan pegunungan atau daratan yang mengalami peningkatan elevasi secara bertahap dalam jangka waktu geologis yang panjang.
    Epirogenesis Negatif:

    Epirogenesis negatif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami penurunan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.
    Ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pencairan es besar-besaran (seperti yang terjadi selama periode es) atau pergerakan mantel bumi yang menyebabkan penurunan dalam batuan yang lebih dalam di bawah litosfer.
    Contoh dari epirogenesis negatif adalah penurunan permukaan benua atau terbentuknya cekungan sedimentasi karena penurunan daratan secara bertahap.
    Jadi, perbedaan utama antara epirogenesis positif dan negatif adalah arah perubahan elevasi permukaan Bumi: epirogenesis positif menyebabkan peningkatan elevasi, sedangkan epirogenesis negatif menyebabkan penurunan elevasi.

    ReplyDelete
  3. Nama: Nuraini
    kelas: X.2


    Litosfer

    Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan.Litosfer merupakan bagian dari lapisan bumi, litosfer mencakup:
    1.kerak bumi
    2.lapisan bumi
    3.inti bumi
    Terdapat dua bagian litosfer
    1.lapisan sial
    2.lapisan SIMA
    Batuna batuan penyusun litosfer yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

    ReplyDelete
  4. Nama:Dewi Rara Risna
    Kelas:X.2
    Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang terletak paling luar yang memiliki ketebalan 1200 km
    Astenosfer adalah mantel bumi yang memiliki kedalaman 2900km
    Sedangkan barisfer adalah inti bumi yang terdiri dari dua bumi yaitu
    1.inti luar, bersifat leleh(tidak padat)
    2.inti dalam, bersifat padat

    Pelapukan batuan ada tiga yaitu 1.pelapukan fisika yang terjadi karena perubahan suhu.
    2.pelapukan kimiawi terjadi karena bahan-bahan kimia
    3.pelapukan biologi terjadi karena makhluk hidup.

    ReplyDelete
  5. Nama: asmi khoirunnisa
    Kelas: X2
    Tenaga geologi endogen adalah tenaga yg berasal dari dalam bumi, tenaga ini bersifat membangun atau membentuk permukaan bumi.
    Contoh:
    -tektonisme
    Tektonisme terdiri dari dua proses, yaitu epirogenes dan orogenesa
    -Epirogenesa
    Epitogenesa adalah gerak vertikal penaikan atau penurunan permukaan bumi meliputi daerah yang luas, terjadi dengan sangat lambat dan menghasilkan ilusi visual
    -orogenesa
    Bergerak lebih cepat dan bertanggung jawab atas pembentukan pegunungan,dan juga memengaruhi daerah yang lebih sempit

    ReplyDelete
  6. Nama:Nayla Navisa
    Kelas:x²

    Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2

    ReplyDelete
  7. Nama : Fatiya keyza putri irwansi
    Kelas : X.2

    Litosfer adalah sebuah lapisan terluar bumi yang mencakup kerak bumi hingga mantel bagian atas.
    posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. ketebalan rata rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  8. NAMA : EKA SEPTIANA
    KELAS : X.2
    NO ABSEN:11

    LITHOSFERA
    litosfer adalah lapisan pada terluar bumi yang terdiri dari kerak benua ,kerak samudra, dan bagian atas dari mantel bumi yang keras dan kaku. Bagian litosfer relatif dingin dan padat. Ditosfer juga memiliki lapisan kerak bumi paling luar yang tebalnya 1.200 km yaitu yang tersusun atas litosfer, lapisan pengantar (atmosfer atau mantel), inti bumi yang terdiri atas inti luar dan inti dalam.

    DI DALAM LITOSFER ADA YANG NAMANYA PROSES PEMBENTUKAN BATUAN LITOSFER
    Ada tiga jenis batuan yaitu batuan beku, batuan metamorf, batuan sedimen.

    Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena pembentukan lava. Contoh batuan beku yaitu obsidian ,granit batu apung, andesit dan masih banyak lagi

    Batuan metamorf adalah batuan yang berasal dari batuan sedimen dan batuan beku yang mengalami perubahan akibat panas dan tekanan. Contoh batuan metamorf yaitu pualam kuarsa dan Sabak


    Batuan sedimen adalah batuan yang terjadi karena pengendapan lumpur dan mineral lain dalam waktu yang lama. Contoh batuan sedimen yaitu konglomerat ,breksi ,kapur ,pasir, serpih.

    Di dalam litosfer juga ada yang namanya endogen dan eksogen
    Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Contoh tenaga endogen yaitu vulkanisme epirogenesa, tektonisme dan orogenesa.

    Eksogen adalah tenaga pembentukan permukaan bumi yang berasal dari luar bumi
    Contoh tenaga eksogen yaitu erosi ,pelapukan ,sedimentasi ,dan meteorit.

    DI DALAM SIKLUS BATUAN ADA YANG NAMANYA PELAPUKAN
    Pada proses alami dimana batuan dipecah menjadi potong-potongan yang lebih kecil karena pengaruh lingkungan.

    Ada tiga jenis pelapukan batuan yaitu pelapukan fisika, pelapukan kimia, pelapukan biologi.



    ReplyDelete
  9. Nama:Rasya raffif zaki
    Kelas:10.2
    Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang mencakup matel bumi dan memiliki kerak benua(SIAL) dan kerak samudra (SIMA).
    Litosfer memiliki siklus (batuan);
    Sedimen mengalami pembatuan (litifikasi)jdilah batuan sedimen, batuan sedimen mengalami kenaikan tekanan dan temperatur jadilah batuan metamorf, batuan metamorf mengalami penglelehan jadi lah magma,magma mengalami pembekuan jadilah batuan beku,batuan beku mengalami kenaikan tekanan dan temperatur,lalu mengalami pengakatan pelapukan jadilah pelapukan,pelapukan mengaalami pengendapan lautan dan daratan.
    Pelapukan(pengendapan lautann dan daratan)>Sedimen (pembatuan/litifikasi)>batuan sedimen (kenaikan tekanan dan temperatur)>batuan metamorf (penglelehan)>magma (pembekuan)>batuan beku (pengangkatan pelapukan)>pelapukan Seterusnya

    ReplyDelete
  10. Nama: Alhafish Yasqi Wardana
    Kelas: X.2

    Litosfer adalah lapisan kerak bumi.
    Litosfer memiliki:
    1. Kerak benua memiliki sifat (SIAL) Sillisium alumunium dan Kerak samudra memiliki sifat (SIMA) Sillisium magnesium
    2. Astenosfer/Mantel
    3. Barisfer memiliki inti bumi luar dan dalam

    ReplyDelete
  11. Nama : Diarti Dinar
    Kelas: X.2

    Terdapat dua bagian litosfer yaitu:

    a. Lapisan sial
    Lapisan kulit bumi yang terdiri atas unsur (SiO2) silisium dan alumunium (AL2O3) silisium dan alumunium (AL²0³).pada lapisan ini terdiri dari batuan sedimen

    b. Lapisan SIMA
    lapisan kulit bumi yang terdiri dari senyawa SiO² dan mgO.lapisan ini mengandung mineral Ferro magnesium dan batuan basalt.

    ReplyDelete
  12. Nama:Yulan muslianti
    Kelas:X.2
    Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan.Kajian dari litosfer mancakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk bumi baik wilayah daratan,perairan,dan udara.Litosfer mencakup kerak bumi(crust) yang merupakan lapisan kulit bumi terluar ,letak dari kerak bumi di atas selimut bumi/mantel(mantle).Terdapat dua bagian litosfer yaitu:
    1.lapisan sial
    2.lapisan sima

    ReplyDelete
  13. Nama : Redho Putra
    Kelas : X.2

    Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata rata
    1200km. Bagian bagian lapisan litosfer lapisan ini juga terdiri atas dua bagian yakni lapisan sial dan lapisan sima. Lapisan Sial yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan aluminium
    Senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AI2O3.
    dan Lapisan sima adalah lapisan kulit bumi yang tersusun dari logam silisium dan magnesium,
    dalam bentuk senyawa
    SiO2 dan MgO.
    Siklus batuan adalah proses
    terbentuknya batuan di bumi
    yang bermula dari magma ke
    batuan beku dan sedimen lalu ke batuan metafora, dan kembali lagi menjadi magma.
    Terdapat 3 jenis batuan penyusun
    Diantaranya batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
    Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi.
    Eksogen adalah tenaga yang membentuk permukaan bumi yang berasal dari luar bumi, termasuk
    kegiatan manusia yang berasal dari atas permukaan bumi. Ini berarti bisa air, angin, organisme, cahaya matahari dan es.
    Contoh tenaga endogen yakni volkanisme, tektonik, gempa bumi/seisme, epirogenesa, dan
    orogenesa.
    Contoh tenaga eksogen yakni pelapukan, erosi, sedimentasi, masswasting, dan abrasi.

    ReplyDelete
  14. Siklus batuan
    Sedimen -(Litifikasi pembatuan)- Batuan sedimen -(Kenaikan tekanan temperatur)- Batuan metamorf -(pelelehan)- magma -(pembekuan)- Batuan beku -(Kenaikan temperatur) - Batuan metamorfosa -(Pengangkatan dan pelapukan)- pelapukan -(Pengendapan Lautan dan daratan)- Sedimen

    ReplyDelete
  15. Nama:Destri Monika
    Kelas:X²

    litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan. kajian dari litosfer mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi baik di wilayah daratan, perairan dan udara.

    ReplyDelete
  16. Nama:Vanessa Intan Davina
    Kelas:X.²

    Listofer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2

    ReplyDelete
  17. Nama: Nopri Tri Hidayat
    Kelas:X.9

    Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan,umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan S02.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:MUHMAMAT YUMINSAN
      Kls:x.9
      Litosfer adalah lapisan kerak bumi yg paling atas yg terdiri dari buatan .umunya lapisa. Ini terdiri senyawa kimia yg kaya akan so2

      Delete
    2. Nama: Abelia cantika
      Kelas: X.9
      Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak litosfer juga lapisan batuan yang merupakan bagian atas dari mantel bumi yang bersuhu dingin.litosfer memiliki ketebalan 50-100km
      lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km
      -Contoh fenomena litosfer
      1.Erupsi gunung Berapi. Salah satu fenomena litosfer adalah erupsi gunung berapi. ...
      2. Gempa Bumi. ...
      3. Geomorfologi. ...
      4.Pergerakan Lempeng Tektonik. ...
      5.Patahan.
      Komponen Penyusun Litosfer
      -Batuan Beku. Jenis batuan pertama yang membentuk litosfer adalah batuan beku. ...
      -Batuan Sedimen. Batuan sedimen terbentuk dari endapan struktur batuan yang mudah lepas dan terbawa air, angin, dan es.
      -Batuan Metamorf adalah batuan yang berasal dari batuan sedimen dan batuan beku yang mengalami perubahan akibat panas dan tekanan
      -oragenesa adalah pergerakan lempeng tektonik yang sangat cepat dan meliputi wilayah yang sempit tektonik orogenesa biasanya di sertai proses pelengkungan (warping) dan lipatan (folding yang terjadi akibat adanya tekanan pada arah mendatar pada lapisan batuan lentur

      Delete
  18. Nama : Putri Ramadani
    Kelas : X.9

    Definisi: Patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak Bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain.Proses: Patahan terjadi ketika tekanan di dalam kerak Bumi melebihi kekuatan batuan, yang menyebabkan batuan pecah dan bergeser.Contoh: Patahan San Andreas di California, Amerika Serikat, adalah contoh patahan besar yang terkenal.


    Pengaruh terhadap Kehidupan: Patahan dapat menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik, yang berpotensi merusak infrastruktur, menyebabkan kerugian materi, dan bahkan mengancam nyawa. Namun, patahan juga dapat mempengaruhi kehidupan dengan menciptakan lingkungan baru untuk keanekaragaman hayati.

    Epirogenesis Positif:

    Epirogenesis positif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami peningkatan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.
    Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pergerakan mantel bumi yang melibatkan perubahan pada batuan yang lebih dalam di bawah litosfer.
    Contoh dari epirogenesis positif adalah proses pembentukan pegunungan atau daratan yang mengalami peningkatan elevasi secara bertahap dalam jangka waktu geologis yang panjang.
    Epirogenesis Negatif:

    Epirogenesis negatif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami penurunan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.
    Ini juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk pencairan es besar-besaran (seperti yang terjadi selama periode es) atau pergerakan mantel bumi yang menyebabkan penurunan dalam batuan yang lebih dalam di bawah litosfer.
    Contoh dari epirogenesis negatif adalah penurunan permukaan benua atau terbentuknya cekungan sedimentasi karena penurunan daratan secara bertahap

    Definisi: Lipatan adalah tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horisontal dan menjadi lentur.Proses: Lipatan terbentuk ketika batuan yang bersifat elastis menerima tekanan horizontal dari pergerakan lempeng tektonik, sehingga mengalami deformasi plastis dan membentuk lipatan.Contoh: Pegunungan Himalaya adalah contoh lipatan yang besar dan kompleks yang terbentuk oleh tekanan konvergen antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

    Pengaruh terhadap Kehidupan: Lipatan dapat menciptakan kondisi geologi yang beragam, yang dapat mempengaruhi pola curah hujan, drainase, dan lahan yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Mereka juga bisa menjadi sumber mineral dan sumber daya alam lainnya.

    Vulkanisme: Aktivitas gunung berapi yang menciptakan dataran vulkanik, aliran lava, dan letusan yang dapat memengaruhi lingkungan sekitarnya. Seismisitas: Gempa bumi yang dapat menyebabkan kerusakan tanah, retakan, dan deformasi lahan. Dampak terhadap Kehidupan: Proses endogen dapat memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan. Misalnya, gempa bumi dan letusan gunung berapi dapat menyebabkan kerusakan infrastruktur, kehilangan sumber daya alam, serta berpotensi menimbulkan bahaya bagi jiwa dan harta benda.

    Karstifikasi: Pelarutan batuan kapur oleh air yang mengandung karbon dioksida membentuk gua, dolin, dan bentuk lahan karst lainnya.

    Oksidasi: Mineral besi bereaksi dengan oksigen di udara untuk membentuk karat atau oksida besi, mengubah sifat batuan.

    Hidrasi: Mineral-mineral tertentu, seperti besi sulfida, bereaksi dengan air untuk membentuk senyawa-senyawa baru, seperti karbonat besi dan asam sulfat, yang lebih mudah dipecah.

    Erosi oleh Hewan: Hewan yang menggali di tanah atau menggunakan batuan untuk membangun sarang atau kubangan juga dapat menyebabkan pelapukan mekanis.

    Contoh Pelapukan Biologi:Aksi Akar Tanaman: Akar tanaman menembus celah-celah batuan dan merusaknya saat tumbuh, menyebabkan pelapukan fisika dan kimia.

    ReplyDelete
  19. Nama : agung Wildan
    Kelas : x9

    secara etimologi litosfer sendiri asal katanya dari lithos yang berarti batu serta sphere yang berarti bulatan. Sehingga litosfer merupakan lapisan batuan yang akan membentuk kulit bumi. Litosfer adalah lapisan bumi yang paling atas yang memiliki tebal 66 km dan terdiri oleh batuan.

    ReplyDelete
  20. Nama:dhea failah
    Kelas:x.9

    ReplyDelete
  21. nama: Anca Pratama
    kelas: X⁹


    litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan. kajian dari litosfer mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi baik di wilayah daratan, perairan dan udara.

    ReplyDelete
  22. nama:Ahmad Firli
    kls:x9

    Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan.Kajian dari litosfer mancakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk bumi baik wilayah daratan,perairan,dan udara.Litosfer mencakup kerak bumi(crust) yang merupakan lapisan kulit bumi terluar ,letak dari kerak bumi di atas selimut bumi/mantel(mantle).Terdapat dua bagian litosfer yaitu:
    1.lapisan sial
    2.lapisan sima

    ReplyDelete
  23. Nama:Maulana Saputra pratama
    Kelas:x⁹
    Litosfer adalah lapisan batuan litosfer merupakan bagian atas dari nentel bumi yang bersuhu dingin dan memiliki bentuk lempengan lempengan Koko pada lapisan ini memiliki ketebalan 50 -100 km

    ReplyDelete
  24. Nama: M.Akbar
    Kelas:X.9

    Litosfer adalah lapisan kerak bumi yg paling atas yg terdiri dari buatan .umunya lapisa. Ini terdiri senyawa kimia yg kaya akan so2

    ReplyDelete
  25. NAMA : FAHREL AJI SEPTIYANSYAH
    KELAS : X.9

    Secara etimologi litosfer sendiri asal katanya dari "lithos" yang berarti batu, serta "sphere" yang berarti bulatan. Sehingga litosfer merupakan lapisan batuan yang membentuk kulit bumi. Litosfer adalah lapisan terluar dari bumi, yang terletak di atas mantel bumi. Litosfer berdungsi untuk memberi kehidupan di bumi, litosfer menyediakan permukaan padat yang diperlukan untuk organisme terestrial.
    Lapisan litosfer

    ReplyDelete
  26. NAMA : FAHREL AJI SEPTIYANSYAH
    KELAS : X.9

    Secara etimologi litosfer sendiri asal katanya dari "lithos" yang berarti batu, serta "sphere" yang berarti bulatan. Sehingga litosfer merupakan lapisan batuan yang membentuk kulit bumi. Litosfer adalah lapisan terluar dari bumi, yang terletak di atas mantel bumi. Litosfer berdungsi untuk memberi kehidupan di bumi, litosfer menyediakan permukaan padat yang diperlukan untuk organisme terestrial.
    Lapisan litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata rata sekitar 100km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200km di bawah kerak benua.

    ReplyDelete
  27. Nama : DESMIRA AMALIA
    Kelas : X.9

    Jenis - Jenis Tenaga Endogen
    1. Vulkanisme
    2. Epirogenesa
    3. Orogenesa
    4. Tektonisme

    Jenis- Jenis Tenaga Eksogen
    1. Air
    2. Angin
    3. Organisme
    4. Sinar Matahari
    5. Es/Ice

    Suhu Litosfer Suhunya mencapai 3.700°C

    Masa Jenis Kerak Bumi
    1. Kerak Benua : Ketebalan = 20-70km
    Berat Jenis : 2.800kg/m³
    2. Kerak Samudera : Ketebalan = 5-10km
    Berat Jenis = 2.900kg/m³

    Kerak bumi tersusun dari elemen yang relatif ringan seperti silika, aluminium, dan oksigen.

    Kerak benua Tersusun atas (Si) silika dan magnesium (mg)
    Suhu lapisan kerak bumi mencapai 1.050°C

    ReplyDelete
  28. Nama : FADIL MUHAMMAD RAMDHAN
    Kelas : X.9

    ReplyDelete
  29. Nama:dhea failah
    Kelas:x.9
    Litosfer adalah lapisan batuan yang akan membentuk kulit bumi,lapisan bumi yang paling atas yang memiliki tebal 66 km dan terdiri oleh batuan.

    Batuan beku andesit:
    batuan andesit adalah batuan beku luar yang tersusun dari partikel yang halus dan memiliki warna abu abu tua

    Ciri ciri batu andesit:
    1.memiliki warna abu abu tua
    2.memiliki pori pori yang padat dengan struktur pejal

    Kegunaan batuan beku andesit:
    Untuk pembangunan infrastruktur seperti jembatan,jalan raya,irigasi,landasan terbang,pelabuhan dll

    Tekstur batuan andesit adalah kasar.
    Pembentukan batuan andesit:batuan andesit terbentuk dari endapan aliran larva yang diproduksi oleh stratovoicano,lava ini akan cepat mengeras ketika terkena suhu permukaan,oleh karena itulah batuan ini termasuk batuan ekstrusif atau batuan beku luar.


    ReplyDelete
  30. Nama: M. Fajri firdaus
    Kelas:X.9

    litosfer adalah kerak bumi terluar yg tersusun atas lempeng lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. litosfer merupakan lapisan batuan yang akan membentuk kulit bumi. Litosfer adalah lapisan bumi yang paling atas yang memiliki tebal 66 km dan terdiri oleh batuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. a. Lapisan SIAL
      Lapisan kulit bumi yg terdiri atas unsur (SiO²) silisium dan alumunium (AL²O³). Pada lapisan ini terdiri dari batuan sedimen,andesit, dan batuan metamorf.

      b. Lapisan SIMA
      lapisan kulit bumi yg terdiri dari senyawa SiO² dan MgO

      Delete
  31. Nama: Rahmat Agusti
    Kelas:x⁹

    Litosfer,adalah lapisan batuan, litosfer merupakan bagian atas dari mantel bumi yang bersuhu dingin dan memiliki bentuk lempengan lempengan koko.pada lapisan ini memiliki ketebalan 50-100km.
    terdapat dua bagian litosfer yaitu:
    1.Lapisan SIAL
    Lapisan kulit bumi yang terdiri atas unsur silsium dan alumunium.pada lapisan ini terdiri dari batuan sedimen,granit,andesit,dan batuan metamorf.lapisan SIAL adalah lapisan kerak bersifat padat dengan ketebalan rata-rata 35km.
    2.lapisan SIMA
    Lapisan ini mengandung mineral Ferro magnesium dan batuan basalt.lapisan ini bersifat elastis dengan ketebalan rata-rata 65km

    ReplyDelete
  32. NAMA : FADIL MUHAMMAD RAMDHAN
    KLS :X 9
    atau igneous rock adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku karena proses pendinginan. Secara umum, batuan beku mempunyai ciri-ciri homogen dan kompak, tidak ada lapisan, dan umumnya tidak mengandung fosil, seperti dikutip dari buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia oleh Bambang Utoyo

    ReplyDelete
  33. Nama:Nopri Tri Hidayat
    Kelas:X.9

    Litosfer adalah lapisan batuan, Litosfer merupakan bagian atas dari mantel bumi yang dingin dan memiliki bentuk lempengan-lempengan kaku,pada lapisan ini memiliki ketebalan 50-100 km.

    Ciri-ciri Ltosfer adalah : 1 Terdiri dari batuan sedimen, batuan beku dan batuan metamorf. 2. Memiliki ketebalan sekitar 50 - 100 km. 3. Mengandung banyak mineral logam yang penting bagi kehidupan manusia, seperti tembaga dan besi.

    ReplyDelete
  34. Nama:m.fikri abdilah
    Kelas:10⁹
    Litosfer adalah lapisan batuan, litosfer merupakan bagian atas dari mantel bumi yg bersuhu dingin dan memiliki bentuk lempengan lempengan kaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batuan batuan penyusun litosfer yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan(metamorf).

      Delete
  35. Nama : meylan az zahra khairunnisyah
    Kelas : X.9
    Ciri ciri Litosfer
    Ketebalannya sekitar 1.200 km (tetapi ketebalannya tidak merata, biasanya lapisan pembentuk daratan lebih tebal daripada lapisan pembentuk lautan) dan berat jenis 2,8 gram/cm3.

    Terbentuk dari dua lapisan senyawa, yaitu:

    Lapisan silisium aluminium (Sial) adalah lapisan batuan dengan unsur kimia utama berupa silisium (silikat) dan aluminium. Lapisan Sial ini membentuk kerak bumi yang bersifat padat dan kaku pada permukaan daratan/benua dan dasar laut.

    Dan lapisan silisium magnesium (Sima), adalah lapisan batuan dengan unsur kimia utama berupa silisium dan magnesium. Lapisan Sima bersifat elastis.

    ReplyDelete
  36. Nama: lrma Sari
    Kelas: X.9

    Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan.kajian dari litosfer mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi baik dari wilayah daratan, perairan dan udara. Litosfer merupakan bagian dari lapisan bumi, adapun penjelasan secara rinci sebagai berikut:
    - litosfer mencakup kerak bumi (crush) yang merupakan lapisan kulit bumi terluar, letak dari kerak bumi di atas selimut bumi/mantel (mantel)
    - lapisan bumi pada bagian selimut bumi/mantel memiliki ketebalan 2.890 km yang terdiri dari batuan yang mengandung zat besi dan logam. Pada lapisan selimut bumi dibagi menjadi dua yaitu mantel bawah (lower mantel) dan mantel atas(upper mantel)
    Terdapat dua bagian litosfer yaitu
    - lapisan sial
    Lapisan kulit bumi yang terdiri atas unsur (SiO2) silisium dan aluminium (AL2O3).pada lapisan ini terdiri dari batuan sedimen, granit, andesit dan batuan metamort. Lapisan sial adalah lapisan kerak bersifat padat dengan ketebalan rata rata 3km. Kerak bumi terbagi dua yaitu kerak benua (daratan) dan kerak samudera (lautan)
    - lapisan Sima
    Lapisan kulit bumi yang terdiri dari senyawa SiO2 dan mgO.lapisan ini mengandung mineral Ferro magnesium dan batuan basalt. Lapisan ini bersifat elastis dengan ketebalan rata rata 65 km.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama agung Wildan
      Kelas x9

      Litosfer adalah batuan litosfer merupakan bagian atas dari mantel bumi yang bersuhu dingin dan memiliki bentuk lempengan lempengan kaku

      Delete
  37. Nama : Azahra Aurora whardani
    Nama : x.2
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempengan tektonik yang sangat sulit bergerak posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak suatu sama lain ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 KM dengan susunan kerak bumi dan mantel posisi litosfer berdekatan dengan astenosfer termasuk lapisan kuat yang terletak di atas astenosfer yang lemah posisi litosfer membuat litosfer mudah turun di astenosfer penurunan posisi litosfer kartonosfer dipengaruhi oleh gaya renang dan gaya tekan ke batuan litosfer berasal dari kata litos yang berarti batuan dan sperma yang artinya lapisan secara harfiah litosfer adalah lapisan bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit bumi

    -Ada tiga jenis batuan yaitu batuan
    -beku batuan sedimen dan batua
    Batuan beku dalam adalah batuan yang terbentuk jauh di bawah permukaan bumi yaitu semua komposisi batuan disusun oleh kristal yang sempurna
    -contoh batuan beku dalam adalah batuan granit diorit gabro dan ridhodid
    -Batuan sedime
    Batuan sedimen adalah batu yang terjadi karena pengendapan materi hasil erosi berdasarkan tenaga yang mengangkut hasil pelapukan dan erosi batuan sedimen dapat digolongkan atas tiga bagian sedimen -aquatis yaitu sedimen yang diendapkan oleh tenaga air seniman aeolis atau Aries yaitu sedimen yang diendapkan oleh tenaga angin sedimen glasial yaitu seniman yang diendapkan oleh gletser
    -Batuan metamorf
    Batuan metamorf atau batuan malihan adalah batuan beku yang atau yang mengalami perubahan akibat pengaruh fisis dalam jangka waktu yang lama pengaruh fisis tersebut dapat berubah suhu dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan struktur partikel-partikel penyusun batu berubah batuan metamorfum terjadi karena adanya tekanan contoh batuan metamorf ialah batuan lumpur ,Sabak ,Danish ,serpih

    -Endogen dan eksogen
    Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi
    -Contoh tenaga endogen yaitu vulkanisme epirogenesa ,tektonisme dan orogenesa
    -Eksogen adalah tenaga pembentuk permukaan bumi yang berasal dari luar bumi
    Contoh tenaga eksogen seperti erosi atau pengikis ,pelapukan ,sedimentasi, meteorit

    ReplyDelete
  38. litosfer  adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung.Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua. 

      Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer. 

      Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer. 

    Epirogenesis positif dan negatif adalah dua jenis pergerakan tektonik yang menghasilkan perubahan dalam elevasi besar wilayah luas di permukaan Bumiperbedaan utama antara epirogenesis positif dan negatif adalah arah perubahan elevasi permukaan BumiPatahan:

     Definisi: Patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak Bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain.

    Patahan dapat menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik, yang berpotensi merusak infrastruktur, menyebabkan kerugian materi, dan bahkan mengancam nyawa.Lipatan:

     Definisi: Lipatan adalah tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horisontal dan menjadi lentur.

    Lipatan dapat menciptakan kondisi geologi yang beragam, yang dapat mempengaruhi pola curah hujan, drainase, dan lahan yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Mereka juga bisa menjadi sumber mineral dan sumber daya alam lainnya.
    pelapukan

    Pelapukan adalah proses alami di mana batuan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil karena pengaruh lingkungan. Pelapukan dapat terjadi melalui berbagai mekanisme, termasuk pelapukan fisika, kimia, dan biologi.

    ReplyDelete
  39. NAMA:keyla dwi putri
    Kelas:10⁴

    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain.

    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer

    Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.

    ReplyDelete
  40. Nama:Egi
    Kelas:X4

    Litosfer: Lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas lapisan bumi yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    Astenoster: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenoster adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenoster merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer.

    Barisfer: Bariefer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi terkadang digunakan sebagai sinonim untuk astenoster,

    ReplyDelete
  41. Nama : M.Farisky
    Kelas : X.4
    Litosfer adalah lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera dan bagian atas dari mantel bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung.
    Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer.
    Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer. Baik barisfer maupun astenosfer merujuk pada lapisan mantel yang lebih lembek dan plastis dibandingkan litosfer di atasnya.

    Siklus batuan adalah proses alami di mana batuan di Bumi terbentuk, dimodifikasi, dan kemudian hancur menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian terangkut, mengendap, dan terkompresi kembali menjadi batuan baru. Siklus ini terdiri dari tiga tahap utama: 1) Pembentukan, 2) modifikasi, 3) pengendapan dan pembentukan kembali.

    Proses Endogen:
    Proses endogen terjadi di dalam Bumi dan melibatkan kegiatan geologis yang terjadi di dalam mantel dan inti Bumi. Proses-proses ini termasuk tektonika lempeng, vulkanisme, dan seismisitas.

    Epirogenesis positif dan negatif adalah dua jenis pergerakan tektonik yang menghasilkan perubahan dalam elevasi besar wilayah luas di permukaan Bumi. Perbedaan utama antara epirogenesis positif dan negatif adalah arah perubahan elevasi permukaan Bumi: epirogenesis positif menyebabkan peningkatan elevasi, sedangkan epirogenesis negatif menyebabkan penurunan elevasi.

    Patahan dan lipatan adalah dua fenomena geologis yang terjadi sebagai hasil dari aktivitas tektonik di permukaan Bumi.

    Definisi: Patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak Bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain.
    Patahan dapat menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik, yang berpotensi merusak infrastruktur, menyebabkan kerugian materi, dan bahkan mengancam nyawa. Namun, patahan juga dapat mempengaruhi kehidupan dengan menciptakan lingkungan baru untuk keanekaragaman hayati.

    Definisi: Lipatan adalah tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horisontal dan menjadi lentur.
    Lipatan dapat menciptakan kondisi geologi yang beragam, yang dapat mempengaruhi pola curah hujan, drainase, dan lahan yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Mereka juga bisa menjadi sumber mineral dan sumber daya alam lainnya.

    pelapukan
    Pelapukan adalah proses alami di mana batuan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil karena pengaruh lingkungan. Pelapukan dapat terjadi melalui berbagai mekanisme, termasuk pelapukan fisika, kimia, dan biologi.Pelapukan fisika, kimia, dan biologi adalah proses yang saling terkait dan sering terjadi bersama-sama dalam memengaruhi pembentukan dan bentuk permukaan Bumi.

    ReplyDelete
  42. Nama: M.alfaridho
    Kelas:X.4

    Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer

    Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.

    ReplyDelete
  43. Nama:Asti Amanda
    Kelas:x.4
    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Lapisan-lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut:

    Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik 

    ReplyDelete
    Replies
    1. litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi.Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer.
      Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.Pelapukan: Batuan yang ada di permukaan Bumi terpecah menjadi potongan-potongan kecil melalui proses fisik (pelapukan mekanis) dan kimia (pelapukan kimia). Erosi: Potongan-potongan batuan yang terpecah kemudian terangkut oleh air, angin, es, atau gravitasi ke tempat lain. Epirogenesis Positif:

      Epirogenesis positif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami peningkatan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.Epirogenesis Negatif:

      Epirogenesis negatif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami penurunan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.

      Delete
  44. NAMA:Riqo agustian Saputra
    kalas:10⁴

    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer. Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.Pelapukan: Batuan yang ada di permukaan Bumi terpecah menjadi potongan-potongan kecil melalui proses fisik (pelapukan mekanis) dan kimia (pelapukan kimia). Erosi: Potongan-potongan batuan yang terpecah kemudian terangkut oleh air, angin, es, atau gravitasi ke tempat lain. Epirogenesis Positif:

    Epirogenesis positif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami peningkatan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.Epirogenesis Negatif:

    Epirogenesis negatif terjadi ketika permukaan Bumi mengalami penurunan elevasi secara perlahan di wilayah yang luas.

    ReplyDelete
  45. NAMA : SAKINAH KASIH RENDRY
    KELAS : X. 4
    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa burni, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi, Lapisan-lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut:
    Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.
    Astenosfer. Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer.
    Proses Pembentukan Batuan Sedimen:

    Pelapukan: Batuan yang ada di permukaan Bumi terpecah menjadi potongan-potongan kecil melalui proses fisik (pelapukan mekanis) dan kimia (pelapukan kimia). Erosi: Potongan-potongan batuan yang terpecah kemudian terangkut oleh air, angin, es, atau gravitasi ke tempat lain. Transportasi: Potongan- potongan batuan tersebut diangkut oleh aliran air, angin, atau gletser ke lokasi yang lebih rendah atau datar. Pengendapan: Potongan-potongan batuan mengendap di tempat yang lebih rendah dan diam di sana untuk membentuk lapisan-lapisan baru. Diagenesis: Di bawah tekanan dan suhu yang tepat, endapan tersebut terkompresi dan mengalami reaksi kimia yang mengubahnya menjadi batuan sedimen. Contoh batuan sedimen: batu pasir, batu kapur, batu lempung, batu breksi.

    Proses Batuan Metamorf:

    Metamorfosis: Batuan yang ada, baik batuan sedimen, beku, atau metamorf yang sudah ada, mengalami perubahan struktur dan komposisi mineral akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi. Rekristalisasi: Mineral dalam batuan yang mengalami metamorfosis tumbuh kembali atau berubah bentuk menjadi mineral baru yang lebih stabil pada kondisi tekanan dan suhu baru. Contoh batuan metamorf: marmer (dari batu kapur), kwarsit (dari batu pasir), lempung schist (dari batu lempung), granulit (dari batuan beku atau sedimen). Proses Batuan Beku:

    Pembekuan Magma atau Lava: Magma yang naik ke permukaan Bumi mendingin dan membeku di tempat yang berbeda. Jika pembekuan terjadi di dalam Burni, batuan beku tersebut disebut intrusif, sedangkan jika pembekuan terjadi di permukaan, batuan beku tersebut disebut ekstrusif. Kekristalan: Mineral-mineral dalam magma mendingin dan mengkristal, membentuk struktur kristal dalam batuan. Contoh batuan beku: granit (batuan beku intrusif), basal (batuan beku ekstrusif), dan obsidian (batuan beku kaca). Proses endogen dan eksogen adalah dua kategori utama proses geologis yang memengaruhi bentuk dan karakteristik permukaan Bumi. Berikut penjelasan singkat tentang keduanya beserta contoh dan dampaknya terhadap kehidupan.

    ReplyDelete
  46. Replies
    1. Nama selviani
      Kls 10.4
      Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.
      Terdapat dua tipe litosfer

      Litosfer samudra, yang berhubungan dengan kerak samudra dan berada di dasar samudra. Merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas, di bawahnya batuan vulkanik dan yang terbawah tersusun dari batuan beku Gabro dan peridotit.
      Litosfer benua, yang berhubungan dengan kerak benua. Merupakan benda padat yang terdiri dari batuan beku granit pada bagian atas dan batuan beku basalt pada bagian bawah.

      Astenosfer:Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya.

      Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.

      Epirogenesis positif dan negatif adalah dua jenis pergerakan tektonik yang menghasilkan perubahan dalam elevasi besar wilayah luas di permukaan Bumiperbedaan utama antara epirogenesis positif dan negatif adalah arah perubahan elevasi permukaan BumiPatahan:

      Definisi: Patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak Bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain.

      Patahan dapat menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik, yang berpotensi merusak infrastruktur, menyebabkan kerugian materi, dan bahkan mengancam nyawa.Lipatan:

      Definisi: Lipatan adalah tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horisontal dan menjadi lentur.

      Lipatan dapat menciptakan kondisi geologi yang beragam, yang dapat mempengaruhi pola curah hujan, drainase, dan lahan yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Mereka juga bisa menjadi sumber mineral dan sumber daya alam lainnya.
      pelapukan

      Pelapukan adalah proses alami di mana batuan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil karena pengaruh lingkungan. Pelapukan dapat terjadi melalui berbagai mekanisme, termasuk pelapukan fisika, kimia, dan biologi.

      Reply

      Delete
  47. Nama: Triani Agustin
    Kelas: 10.4
    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak atas astenosfer, lapisalebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Lapisan-lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut: Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer memiliki ketebalan bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua. Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik litosfer.
    Barisfer: Barisfer merupakan istilah lebih jarang digunakan, tetapi sering digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer. Baik barisfer maupun astenosfer merujuk pada lapisan mantel yang lebih lembek dan plastis dibandingkan litosfer atasnya. Siklus batuan adalah proses alami di mana batuan di Bumi terbentuk, dimodifikasi, dan kemudian hancur menjadi potongan kecil yang kemudian terangkut, mengendap, dan terkompresi kembali menjadi batuan baru. Siklus ini terdiri dari tiga tahap utama: Pembentukan (Petrogenesis): Tahap pertama dalam siklus batuan adalah pembentukan batuan. Ini bisa terjadi melalui beberapa proses, termasuk pembekuan magma untuk membentuk batuan beku (igneous), pemadatan dan metamorfosis batuan prasasti atau beku yang sudah ada untuk membentuk batuan metamorf (metamorphic), atau pengendapan partikel-partikel yang mengendap dan mengalami diagenesis untuk membentuk batuan sedimen (sedimentary). Modifikasi (Modification): Setelah terbentuk, batuan kemudian dapat dimodifikasi oleh proses-proses geologis seperti pergerakan lempeng tektonik, pelapukan, erosi, dan deformasi. Contoh modifikasi termasuk pemekaran dan pemampatan batuan oleh tekanan tektonik, pelapukan mekanik dan kimia oleh air, angin, atau es, serta transportasi partikel-partikel batuan oleh air, angin, atau gletser. Pengendapan dan Pembentukan Kembali (Deposition and Recrystallization): Potongan-potongan kecil batuan yang terbawa oleh proses transportasi di tahap modifikasi kemudian dapat mengendap di tempat lain, membentuk lapisan-lapisan baru dari endapan. Di bawah tekanan dan suhu yang tepat, endapan ini dapat terkompresi dan mengalami diagenesis, berubah menjadi batuan sedimen baru. Selain itu, batuan yang terbentuk pada tahap pertama dapat mengalami metamorfosis akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi, membentuk batuan metamorf baru . proses pembentukan batuan sedimen, batuan metamorf, dan batuan beku beserta contoh batuannya: Proses Pembentukan Batuan Sedimen:

    ReplyDelete
  48. Nama:Taufik Ramdhani
    Kelas :X.4
    Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua ‎ litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Lapisan-lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut

    ReplyDelete
  49. Nama:febby ayu anjani
    Kelas:X.4
    Litosfer:litosfer adalah bagian lapisan kerak paling luar yang terdiri dari batuan, dengan ketebalan rata rata 30 km yang terdiri atas 2 bagian (lapisan SIAL dan lapisan SIMA). Lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua kerak samudra, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata rata sekitar 100 km di bawah ini kerak samudera, dan bagian atas dari mantel bumi bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan pristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika bumi. Lapisan lapisan bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut

    ReplyDelete
  50. Nama:Elhsa Tia Andini
    Kelas:X4
    Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2.

    ReplyDelete
  51. Nama:Viza Aprilia
    Kelas:X4
    Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2.

    ReplyDelete
  52. Nama:Ade Wahyu S
    Kelas:X.4
    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung.Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer.

    Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.

    Epirogenesis positif dan negatif adalah dua jenis pergerakan tektonik yang menghasilkan perubahan dalam elevasi besar wilayah luas di permukaan Bumiperbedaan utama antara epirogenesis positif dan negatif adalah arah perubahan elevasi permukaan BumiPatahan:

    Definisi: Patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak Bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain.

    Patahan dapat menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik, yang berpotensi merusak infrastruktur, menyebabkan kerugian materi, dan bahkan mengancam nyawa.Lipatan:

    Definisi: Lipatan adalah tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horisontal dan menjadi lentur.

    Lipatan dapat menciptakan kondisi geologi yang beragam, yang dapat mempengaruhi pola curah hujan, drainase, dan lahan yang tersedia untuk tanaman dan hewan. Mereka juga bisa menjadi sumber mineral dan sumber daya alam lainnya.
    pelapukan

    Pelapukan adalah proses alami di mana batuan dipecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil karena pengaruh lingkungan. Pelapukan dapat terjadi melalui berbagai mekanisme, termasuk pelapukan fisika,

    ReplyDelete
  53. Nama:Aditya Pratama Siregar
    Kelas:X 4

    - Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.
    - Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.
    -Barisfer adalah lapisan Bumi yang paling dalam atau dikenal juga dengan inti Bumi . Ketebalannya mencapai 2.900 – 6.730 km dan terdiri dari dua bagian yaitu inti luar
    dan inti dalam. Bumi tersusun dari lapisan-lapisan yang ketebalan dan

    ReplyDelete
  54. Nama:nur farisha iwani
    Kelas X.4
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  55. Nama:M.Abdan Ramadhan
    Kelas:X.4

    Litosfer adalah kerak bumi bagian terluar yang tersusun atas lempengan-lempengan tektonik yang sulit bergerak.
    Litosfer terdiri dari kerak benua dan kerak samudera dan bagian atas dari lapisan bumi yang keras dan kaku.
    Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya.

    Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi terkadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer.

    ReplyDelete
  56. Nama:Zaki robiansyah
    Kelas:X.4
    - Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.
    - Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.
    -Barisfer adalah lapisan Bumi yang paling dalam atau dikenal juga dengan inti Bumi . Ketebalannya mencapai 2.900 – 6.730 km dan terdiri dari dua bagian yaitu inti luar
    dan inti dalam. Bumi tersusun dari lapisan-lapisan yang ketebalan dan karakteristiknya berbeda-beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:m rafel Endi Sanjaya
      Kls.X.6
      Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yg paling luas dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata rata 1200km litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan,umum nya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan so2

      Delete
  57. Nama:Raka sanjaya
    Kelas:10.6

    ReplyDelete
  58. Nama:Raka sanjaya
    Kelas:10.6

    ReplyDelete
  59. Nama : muhammad satrio kencono aji pahmukas
    Kelas : 10.6

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.

      Delete
    2. -Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.

      Delete
  60. NAMA :muamar
    KELAS : X.6
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sanga
    - Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.

    ReplyDelete
  61. Nama :SEPTA RAMADANI X6.

    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  62. Nama: RIZKY ADITYA P
    KLS: X6

    — Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel

    ReplyDelete
  63. Nama:raka sanjaya
    Kelas:10.6

    1.Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan. Kajian dari litosfer mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk pembukaan bumi baik di wilayah daratan, perairan dan udara


    ReplyDelete
  64. Sawal Pratama SimamoraFebruary 15, 2024 at 2:55 PM

    Nama:Sawal Pratama Simamora
    Kelas:X.6
    -Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan bagian dari litosfer mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi baik di wilayah daratan,perairan, dan udara.

    ReplyDelete
  65. Nama:Riliana opiani
    Kelas:X.6
    -Litosfer adalah Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2.

    ReplyDelete
  66. 1.Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.
    2.Siklus batuan adalah sebuah proses perputaran dimana material bumi berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, akibat adanya interaksi antara lempengan tektonik dan siklus hidrologi.
    3. -endogen bersifat membentuk permukaan bumi.
    -eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  67. NAMA:ADAM X6
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  68. Nama : Yulia salsa
    Kelas : X.6
    - litosfer adalah kerak bumi paling luar yg tebalnya 1200 km dan lapisan yang terletak di atas lapisan pengantara dengan ketebalan 1200 km yg terdiri atas lapisan sial ( silisium alumunium) dan SIMA (silisium magnesium) sial terdapat dikerak benua dan SIMA terletak dikerak samudra

    ReplyDelete
  69. NAMA: RIZKY ADITYA P
    KLS: X6


    — Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.

    ReplyDelete
  70. Nama: Bunga Puspita Sari
    Kelas:X.6
    1.litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan. Kajian ini mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yg menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi baik di wilayah daratan, perairan dan udara.

    ReplyDelete
  71. nama:Yulia Rahmawati
    kelas:10.6
    Jawaban:
    Apa litosfer?
    ~Litosfer adalah lapisan terluar yang terletak di atas lapisan pengantara dengan ketebalan 1200 km, yang terdiri dari lapisan SIAL dan SIMA. SIAL terdapat di kerak benua dan SIMA terdapat di kerak samudera.

    ReplyDelete
  72. 1.Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  73. Nama=Muhammad Gibran
    Kelas =X.6

    Litosfer adalah lapisan kerak bumi paling luar yang tebalnya +1200 km. Yang terdiri atas lapisan SIAL (Si lisiun aluminum) dan SIMA (Sisilia magnesium).

    ReplyDelete
  74. Nama: RIZKY ADITYA P
    KLS: X6


    Barisfer adalah lapisan Bumi yang paling dalam atau dikenal juga dengan inti Bumi . Ketebalannya mencapai 2.900 – 6.730 km dan terdiri dari dua bagian yaitu inti luar ( outer core ) dan inti dalam ( inner core ). Bumi tersusun dari lapisan-lapisan yang ketebalan dan karakteristiknya berbeda-beda.

    ReplyDelete
  75. Nama : Andrea paudina
    Kelas : X.6

    1. Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan. lagian dari litosfer mencakup berbagai bentuk permukaan bumi dan berbagai proses yang menyebabkan perubahan bentuk permukaan bumi baik diwilayah daratan, perairan, dan udara. litosfer merupakan bagian dari lapisan bumi. litosfer memiliki ketebalan mencapai kurang lebih 1200.

    ReplyDelete
  76. - Astenosfer atau Asthenosphere adalah lapisan di bawah litosfer dan berada di atas mantel atas bumi. Nama Astenosfer berasal dari bahasa Yunani, asthenes yang artinya Lemah dan sphere yang berarti Lapisan/bulatan.

    ReplyDelete
  77. 2.batuan beku adalah batuan yg terbentuk karena pembekuan lava.
    Macam"batuan beku : basalt, obsidian, granit, dan apung (Boga).

    ReplyDelete
  78. NAMA : AIRINDA WINDRIYANI
    KELAS : X.6
    •Litosfer adalah lapisan terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua dan kerak samudra, beserta bagian atas mantel yang kaku. Litosfer terdiri dari lempeng-lempeng tektonik yang bergerak dan saling berinteraksi. Litosfer berperan penting dalam proses geologi seperti pembentukan gunung, gempa bumi, dan aktivitas vulkanik. Selain itu, litosfer juga menjadi tempat bagi kehidupan manusia dan berbagai ekosistem di permukaan Bumi.

    ReplyDelete
  79. Nama:Adam X6
    proses pembentukan batuan yang terus mengalami perubahan dari magma yang beku menjadi batuan beku, lalu batuan sedimen, ke batuan metamorf dan menjadi magma seperti semula

    ReplyDelete
  80. NAMA: DWI ANGGARA
    KELAS: X.6
    1.Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.
    2.Siklus batuan adalah sebuah proses perputaran dimana material bumi berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, akibat adanya interaksi antara lempengan tektonik dan siklus hidrologi.
    3. -endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan
    -eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  81. Nama:Adam x.6
    Siklus batuan:proses pembentukan batuan yang terus mengalami perubahan dari magma yang beku menjadi batuan beku, lalu batuan sedimen, ke batuan metamorf dan menjadi magma seperti

    ReplyDelete
  82. Nama : Yulia salsa
    Kelas : X.6
    Batuan beku
    -Adalah batuan yg terbentuk karena pembekuan lava
    Macam macam batuan beku : basalt,obsidian,granit dan apung (BOGA)

    ReplyDelete
  83. NAMA: RAMADIL X.6
    1LITOSFER
    3YY

    ReplyDelete
  84. Nama: Bunga Puspita sari
    Kelas: X. 6
    2. Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena pembekuan lava.
    Macam"batuan beku: basalt, obsidian, granit, dan apung (boga).

    ReplyDelete
  85. Nama :muamar x.6
    Siklus batuan:proses pembentukan batuan yang terus mengalami perubahan dari magma yang beku menjadi batuan beku, lalu batuan sedimen, ke batuan metamorf dan menjadi magma seperti

    ReplyDelete
  86. Nama : Andrea paudina
    Kelas : X.6

    2. siklus batuan sedimen :
    batuan sedimen terjadi karena pengendapan lumpur dan mineral lain dalam waktu yang lama.
    madam macan batuan sedimen : konglomerat, breksi, kapur, pasir, serpih (kong brek ka pa ser)

    ReplyDelete
  87. Nama : muamar x.6
    endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan
    -eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  88. NAMA:ADAM X.6
    3.endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan
    -eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  89. Nama : Yulia salsa
    Kelas : X.6
    Endogen : dri dalam bumi
    Eksogen : dari luar bumi

    ReplyDelete
  90. NAMA : AULIYA MAHARANI
    KELAS : X.6
    ● APA ITU LITOSFER ?
    LITOSFER ADALAH lapisan kerak bumi paling luar yang tebalnya ±1200,yang terdiri atas SIAL (silsium dan aluminium) dan SIMA (silsium dan magnesium)

    ● APA ITU SIKLUS BATUAAN?
    Siklus batuan adalah proses terbentuknya batuan di bumi yang bermula dari magma ,ke batuan beku dan sedimen,lalu kebatuan lalu ke bantuan metamorf dan kembali lagi jadi magma

    ● PERBEDAAN ENDOGEN DAN EKSOGEN?
    ENDOGEN ADALAH Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan proses EKSOGEN adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  91. Nama: Rahmad Farhan
    Kelas: X.6

    -Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel

    ReplyDelete
    Replies
    1. -siklus batuan adalah proses terbentuknya batuan di bumi yang bermula dari magma, ke batuan beku dan sedimen, lalu ke batuan metafora, dan kambali lagi menjadi magma.

      Delete
    2. -Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi.
      Tenaga eksogen merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar tubuh bumi

      Delete
  92. Nama : putri purnama sarri
    kelas : 10.6
    jawab :
    litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan 1200 km , yang terdiri dari lapisan sial (silisium aluminium) dan sima ( silisium magnesium). sial terdapat di kerak benua dan sima terdapat di kerak samudra.

    ReplyDelete
  93. Nama:Raga saputra
    Kelas:X.6

    - Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.
    -Siklus batuan adalah proses terbentuknya batuan di bumi yang bermula dari magma, ke batuan beku dan sedimen, lalu ke batuan metafora, dan kambali lagi menjadi magma. Proses yang berulang dan berkelanjutan itu disebut sebagai siklus batuan, dan akan terus terjadi serta memakan waktu cukup panjang hingga jutaan tahun
    Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi.
    -endogen dan eksogenTenaga endogen adalah yang berasal dari dalam bumi, sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  94. Nama=Muhammad Gibran
    Kelas =X.6

    Siklus batuan adalah proses terbentuknya batuan di bumi yang bermula dari magma ke batuan beku dan sedimen lalu ke batuan metafora dan kembali lagi ke magma.

    ReplyDelete
  95. Nama : Andrea paudina
    Kelas : X.6

    3. Endogen dan Eksogen
    -Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi
    -Eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  96. Nama: Bunga Puspita Sari
    Kelas:X.6
    3.endogen adalah proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan eksogen adalah tenaga yg berasal dari luar

    ReplyDelete
  97. NAMA : AIRINDA WINDRIYANI
    KELAS : X.6
    • SIKLUS BATUAN BEKU
    Siklus batuan beku melibatkan pembentukan batuan beku dari magma yang mendingin dan mengeras, pengangkutan batuan beku oleh proses erosi, dan pelapukan batuan beku akibat paparan lingkungan. Fragmen batuan beku yang terlapuk dapat mengalami proses sedimentasi dan menjadi batuan sedimen baru. Itulah siklus batuan beku secara singkat.
    MACAM-MACAM BATUAN BEKU :
    • BASALT, OBSIDIAN, GRANIT, DAN APUNG. (BOGA)

    ReplyDelete
  98. Nama: Raka sanjaya
    Kelas: 10.6

    2.Siklus batuan adalah sebuah proses perputaran dimana material bumi berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya, akibat adanya interaksi antara lempengan tektonik dan siklus hidrologi. Siklus batuan ini berbeda dengan siklus hidrologi yang dapat terjadi setiap hari. Dalam siklus batuan, justru prosesnya membutuhkan waktu hingga ribuan tahun sehingga tidak diketahui secara jelas kapan dan akhir dari siklusnya.

    ReplyDelete
  99. Nama :m rafel Endi Sanjaya
    Kls:X6
    Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2.

    ReplyDelete
  100. Nama :Ardiansayah
    kelas :X.6
    1.litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak atas astenosfer, lapisalebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Lapisan-lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut: Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer memiliki ketebalan bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua. Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik litosfer.

    2.Siklus batuan adalah suatu proses alamiah yang menjelaskan bagaimana batuan dapat terbentuk, berubah, dan akhirnya hancur. Siklus batuan terdiri dari tiga tahap, yaitu pembentukan batuan, perubahan batuan, dan penghancuran batuan.
    Konsep siklus pembentukan batuan pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli geologi asal Skotlandia bernama James Hutton pada abad ke-18. Ia merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah ilmu geologi dan dianggap sebagai Bapak Geologi Modern. Hutton menyatakan bahwa batuan yang ada di permukaan bumi mengalami perubahan melalui proses alamiah yang berlangsung dalam skala waktu yang sangat lama.
    Ia juga menyebutkan bahwa siklus batuan adalah suatu cara untuk memahami bagaimana batuan tersebut terbentuk dan berubah dari satu jenis ke jenis yang lain. Kontribusi James Hutton terhadap ilmu geologi sangat besar dan teorinya tentang siklus batuan masih menjadi dasar dalam pemahaman geologi modern.

    3.- tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi, tepatnya di bawah lapisan kerak bumi.
    Tenaga endogen bersifat membangun. Maksudnya, tenaga endogen dapat menggerakkan dan mengangkat kulit bumi sehingga menyebabkan lipatan-lipatan atau patahan pada muka bumi.
    Lipatan dan patahan tersebut kemudian menghasilkan relief muka bumi yang beragam, seperti pegunungan, palung, gunung berapi, kawah, punggungan tengah laut, dan lembah.
    Tenaga endogen dapat menggerakkan kulit bumi karena permukaan bumi sebetulnya terdiri atas lempeng-lempeng besar yang selalu bergerak. Lempeng-lempeng yang selalu bergerak itu akan bertemu dan bertabrakan satu sama lain pada batas-batas lempeng

    - tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar perut bumi dan mampu mengubah bentuk bumi maupun bentang lahan yang ada. Tenaga eksogen umumnya berasal dari sumber-sumber berikut ini:
    1. Air berupa siraman hujan, hempasan air laut, dan aliran air lainnya
    2. Atmosfer yaitu perubahan suhu udara dan angin
    3. Gelombang laut yaitu berupa gletser dan lainnya
    4. Organisme seperti jasad renik dari hewan, tumbuhan, maupun manusia.
    Berlawan dengan tenaga eksogen, ada tenaga endogen. Perbedaan tenaga eksogen dan endogen terdapat pada asal tenaga

    ReplyDelete
  101. NAMA : AIRINDA WINDRIYANI
    KELAS : X.6
    3) ENDOGEN DAN EKSOGEN
    •Endogen: Proses di dalam Bumi, seperti tektonik lempeng dan aktivitas vulkanik.
    •Eksogen: Proses di permukaan Bumi, seperti erosi dan pelapukan batuan.

    ReplyDelete
  102. Nama :sunnani
    Kelas : X.6
    -Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    -Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya. Pergerakan konveksi dalam astenosfer merupakan faktor penting dalam mendorong pergerakan lempeng tektonik di litosfer.
    -Barisfer: Barisfer merupakan istilah yang lebih jarang digunakan, tetapi kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk astenosfer. Baik barisfer maupun astenosfer merujuk pada lapisan mantel yang lebih lembek dan plastis dibandingkan litosfer di atasnya. Siklus batuan adalah proses alami di mana batuan di Bumi terbentuk, dimodifikasi, dan kemudian hancur menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian terangkut, mengendap, dan terkompresi kembali menjadi batuan baru. Siklus ini terdiri dari tiga tahap utama: Pembentukan (Petrogenesis): Tahap pertama dalam siklus batuan adalah pembentukan batuan. Ini bisa terjadi melalui beberapa proses, termasuk pembekuan magma untuk membentuk batuan beku (igneous), pemadatan dan metamorfosis batuan prasasti atau beku yang sudah ada untuk membentuk batuan metamorf (metamorphic), atau pengendapan partikel-partikel yang mengendap dan mengalami diagenesis untuk membentuk batuan sedimen (sedimentary). Modifikasi (Modification): Setelah terbentuk, batuan kemudian dapat dimodifikasi oleh proses-proses geologis seperti pergerakan lempeng tektonik, pelapukan, erosi, dan deformasi. Contoh modifikasi termasuk pemekaran dan pemampatan batuan oleh tekanan tektonik, pelapukan mekanik dan kimia oleh air, angin, atau es, serta transportasi partikel-partikel batuan oleh air, angin, atau gletser. Pengendapan dan Pembentukan Kembali (Deposition and Recrystallization): Potongan-potongan kecil batuan yang terbawa oleh proses transportasi di tahap modifikasi kemudian dapat mengendap di tempat lain, membentuk lapisan-lapisan baru dari endapan. Di bawah tekanan dan suhu yang tepat, endapan ini dapat terkompresi dan mengalami diagenesis, berubah menjadi batuan sedimen baru. Selain itu, batuan yang terbentuk pada tahap pertama dapat mengalami metamorfosis akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi, membentuk batuan metamorf baru . proses pembentukan batuan sedimen, batuan metamorf, dan batuan beku beserta contoh batuannya:





    2. APA ITU SIKLUS BATUAN
    -Pembekuan Magma atau Lava: Magma yang naik ke permukaan Bumi mendingin dan membeku di tempat yang berbeda. Jika pembekuan terjadi di dalam Bumi, batuan beku tersebut disebut intrusif, sedangkan jika pembekuan terjadi di permukaan, batuan beku tersebut disebut ekstrusif. Kekristalan: Mineral-mineral dalam magma mendingin dan mengkristal, membentuk struktur kristal dalam batuan. Contoh batuan beku: granit (batuan beku intrusif), basal (batuan beku ekstrusif), dan obsidian (batuan beku kaca). Proses endogen dan eksogen adalah dua kategori utama proses geologis yang memengaruhi bentuk dan karakteristik permukaan Bumi. Berikut penjelasan singkat tentang keduanya beserta contoh dan dampaknya terhadap kehidupan:



    3. PERBEDAAN ENDOGEN DAN EKSOGEN

    -Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi.


    -proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  103. Nama=Muhammad Gibran
    Kelas =X.6

    Endogen dan eksogen = proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi sedangkan proses eksogen adalah proses yg terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  104. Nama: Raka sanjaya
    Kelas:10.6

    -Eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi

    -endogen bersifat membentuk permukaan bumi

    ReplyDelete
  105. nama : gadis mahardika cristy
    kelas : 10.6

    -Endogen dan eksogen proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  106. Nama:Wulan dari agustin
    Kelas: x.6
    litosfer adalah lapisan kerak bumi paling luar yang tebalnya 1200 km lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan kajian dari litosfer mencakup berbagai bentuk bentuk permukaan bumi baik di wilayah daratan perairan dan udar

    ReplyDelete
  107. 1.Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  108. Nama:Wulan dari agustin
    Kelas:x.6
    -Batuan metamorf adalah batuan yang berasal dari batuan sedimen dan batuan beku yang mengalami perubahan akibat panas dan tekanan
    -contoh batuan metamorf: pualam,Sabak,kuarsa(pusaka)

    ReplyDelete
  109. Sawal Pratama SimamoraFebruary 15, 2024 at 3:33 PM

    Nama:Sawal Pratama Simamora
    Kelas:X.6
    -Siklus Batuan:

    → → Pelapukan →
    ↑ ↑ ↓
    Pengangkatan dan pelapukan ↑ Pengendapan dilautan
    ↑ ↑ dan daratan
    Batuan beku → Kenaikan tekanan ↑ ↓
    ↑ dan temperatur ↑ ↓
    Pembekuan ↓ ↑ Sedimen pembatuan(litifikasi)
    ↑ ↑ ↓
    ↑ ↓ pengangkatan dan ↓
    Magma ↓ pelapukan ← ← Batuan Sedimen ↑ ↓ ↑
    ↑ ↓ ↑ ↓
    Pelelehan ↓ ↑ Kenaikan tekanan dan temperatur
    ↑ Batuan metamorf ← ← ←

    ReplyDelete
  110. Nama: muhammad satrio kencono aji pahmukas
    Kelas: 10.6
    2.Siklus batuan adalah proses terbentuknya batuan di bumi yang bermula dari magma, ke batuan beku dan sedimen, lalu ke batuan metafora, dan kambali lagi menjadi magma.

    ReplyDelete
  111. 3.Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  112. Nama:Sawal Pratama Simamora
    Kelas x.6
    Endogen dan eksogen
    -Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi sedangkan proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  113. Nama: Wulan dari agustin
    Kelas:x.6
    Endogen bersifat membentuk permukaan bumi
    Oksigen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  114. Nama: Leksa Rani
    Kelas: X.6

    Litosfer adalah lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua,kerak samudra,dan bagian atas dari mantel bumi yang keras dan kaku.ini adalah bagian uang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak diatas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi

    ReplyDelete
  115. Nama:Fitria Handayani
    Kelas:X.6

    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng
    Teknologi yang sangat sulit bergerak.posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain.ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel.

    ReplyDelete
  116. Siklus batuan sedimen dalam diagenesis terjadi melalui beberapa tahap, yaitu pemadatan, pembentukan matriks, dan pembentukan mineral baru. Pemadatan terjadi ketika material sedimen menumpuk, kemudian tekanan dari lapisan di atasnya membuat material sedimen tersebut menjadi padat dan keras

    ReplyDelete
  117. Nama : Yulia Rahmawati
    Kelas : 10.6

    Siklus batuan.
    Siklus batuan adalah proses alami di mana batuan di Bumi terbentuk, dimodifikasi, dan kemudian hancur menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian terangkut, mengendap, dan terkompresi kembali menjadi batuan baru. Siklus ini terdiri dari tiga tahap utama: Pembentukan (Petrogenesis): Tahap pertama dalam siklus batuan adalah pembentukan batuan. Ini bisa terjadi melalui beberapa proses, termasuk pembekuan magma untuk membentuk batuan beku (igneous), pemadatan dan metamorfosis batuan prasasti atau beku yang sudah ada untuk membentuk batuan metamorf (metamorphic), atau pengendapan partikel-partikel yang mengendap dan mengalami diagenesis untuk membentuk batuan sedimen (sedimentary). Modifikasi (Modification): Setelah terbentuk, batuan kemudian dapat dimodifikasi oleh proses-proses geologis seperti pergerakan lempeng tektonik, pelapukan, erosi, dan deformasi.

    ReplyDelete
  118. Nama :m rafel Endi Sanjaya
    Kls :X.6
    Siklus batuan sedimen dalam diagenesis terjadi melalui beberapa tahap, yaitu pemadatan, pembentukan matriks, dan pembentukan mineral baru. Pemadatan terjadi ketika material sedimen menumpuk, kemudian tekanan dari lapisan di atasnya membuat material sedimen tersebut menjadi padat dan keras

    ReplyDelete
  119. Nama : Yulia Rahmawati
    kelas : 10.6

    Perbedaan endogen dan eksogen.
    ~endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi. ini mengakibatkan permukaan bumi menjadi tidak rata dan terbentuk perbedaan kulit bumi antarlempeng.
    ~eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  120. Nama :m rafel Endi Sanjaya
    Kls :X6
    Endogen dan eksogen
    -Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi sedangkan proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  121. Nama: Tasa Dwi maharani
    Kelas: X.6
    Perbedaan endogen dan eksogen.
    -endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi. ini mengakibatkan permukaan bumi menjadi tidak rata dan terbentuk perbedaan kulit bumi antarlempeng.
    -eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.

    Reply

    ReplyDelete
  122. Nama: Tasa Dwi maharani
    Kelas: X.6
    Siklus batuan beku
    Siklus batuan beku melibatkan pembentukan batuan beku dari magma yang mendingin dan mengeras, pengangkutan batuan beku oleh proses erosi, dan pelapukan batuan beku akibat paparan lingkungan. Fragmen batuan beku yang terlapuk dapat mengalami proses sedimentasi dan menjadi batuan sedimen baru. Itulah siklus batuan beku secara singkat.
    Macam macam batuan beku :
    - Basalt, obsidian, granit, dan apung.(boga)

    ReplyDelete
  123. Nama:Fitria Handayani
    Kelas:X.6

    Siklus batuan adalah suatu proses yang menggambarkan perubahan dari magma yang membeku akibat pengaruh cuaca hingga menjadi batuan beku,lalu sendimen,batuan sendimen dan batuan metamorf dan akhirnya berubah menjadi magma kembali.

    ReplyDelete
  124. nama : putri purnama sarri
    kelas : 10.6
    jawab :
    siklus batuan beku adalah proses pembentukan batuan yang terus mengalami perubahan dari magma yang beku menjadi batuan beku , lalu batuan sendimen , ke batuan metamorf dan menjadi magma seperti semula

    ReplyDelete
  125. Nama:Fitria Handayani
    Kelas:X.6

    -Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi
    -proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  126. nama : putri purnama sarri
    kelas : 10.6
    - endogen yaitu berasal dari dalam bumi yang bersifat membentuk permukaan bumi
    - eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  127. Nama: Leksa Rani
    Kelas: X.6

    -Siklus batuan adalah suatu proses yang menggambarkan perubahan dari magma yang membeku akibat pengaruh cuaca hingga menjadi batuan beku, lalu sedimen, batuan sedimen dan batuan metamorf dan akhirnya berubah menjadi magma kembali.

    ReplyDelete
  128. Nama: Leksa Rani
    Kelas: X.6

    -Proses endogen bersifat membentuk permukaan bumi, sedangkan proses eksogen adalah proses yang terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  129. nama:Queenesha ufairah
    kelas:x.6
    1.listofer adalah kerak bumi terluar yg tersusun atas lempeng lempeng tektonik yg sangat sulit bergerak.
    2.siklus batuan adalah proses terbentuknya batuan dibumi yang bermula dari magma kebatuan beku dan sedimen lalu kebatuan metafora dan kembali lagi menjadi magma.
    3.-endogen yaitu berasal dari dalam bumi yg bersifat membentuk permukaan bumi.
    -eksogen adalah proses yg terjadi pada permukaan bumi sebagai hasil dari tenaga yg berasal dri luar bumi

    ReplyDelete
  130. Nama:Riliana opiani
    Kelas:X.6
    Siklus batuan adalah suatu proses yang menggambarkan perubahan dari magma yang membeku akibat pengaruh cuaca hingga menjadi batuan beku, lalu sedimen, batuan sedimen dan batuan metamorf dan akhirnya berubah menjadi magma kembali

    ReplyDelete
  131. Nama:Riliana opiani
    Kelas:X.6
    endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi ini mengakibatkan permukaan bumi menjadi tidak rata dan terbentuk perbedaan kulit bumi antarlempeng
    -eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  132. Nama:gisella lala anastasya
    Kls:X.1

    Listosfer
    Adalah lapisan padat terluar bumi yg terdiri dari kerak benua, kerak samudera,dan bagian atasdari mantel bumi yg keras dan kaku.ini adalah bagian relatif dinggin dan padat daribumi yg terletak di atas astenosfer.lapisan yg lebih lunak di dalam mantel bumi.

    ReplyDelete
  133. Nama Rizki Amelia
    Kelas:X.1
    Mantel merupakan lapisan terbesar interior bumi.tebalnya

    ReplyDelete
  134. Nama:Ahmad Imanullah Al-Ikhwan
    Kelas:10.1

    Ringkasan litosfer:
    -Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2.

    -Siklus batuan adalah proses pembentukan batuan yang terus mengalami perubahan dari magma yang beku menjadi batuan beku, lalu batuan sedimen, ke batuan metamorf dan menjadi magma seperti semula

    -Tenaga endogen adalah yang berasal dari dalam bumi, sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi

    ReplyDelete
  135. NAMA:BUNGA VELISA
    KELAS:X.
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lapangan-lampang tektonik yang sangat sulit bergerak. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel

    ReplyDelete
  136. Nama: Dinda Zahrotul Fadilah
    Kelas: X.1
    -Litosfer adalah lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua,kerak samudera,dan bagian atas dari mantel bumi yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    ReplyDelete
  137. NAMA: RESON AIDIL FITRA
    KELAS: 10.1

    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Lapisan- lapisan Bumi yang Anda sebutkan adalah sebagai berikut:

    Litosfer: Lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas mantel yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua.

    Hidrosfer: adalah suatu lapisan air yang menyelimuti kerak bumi disebabkan karena hal demikian berbentuk cair, hidrosfer berasal dari kata hidro yang yang artinya air serta shaire yang yang artinya adalah lapisan. Permukaan bumi yang ditutupi oleh air, Lapisan yang menutupi permukaan bumi ini disebut hidrosfer. Dengan demikian bisa atau dapat dikatakan pula bahwa hidrosfer ini lapisan air sumber kehidupan utama bagi manusia. Hidrosfer merupakan sebutan bagi air yang ada dipermukaan Bumi baik yang berupa lautan atau samudra maupun air yang ada di daratan.

    ReplyDelete
  138. Nama Rizki Amelia
    Kelas:x.1
    Mantel merupakan lapisan terbesar interior bumi.tebalnya kira kira 2.900km dan menyumbang 84% volume planet

    ReplyDelete
  139. Nama:Adi Saputra
    Kelas:X.1

    Litosfer:Litosfer adalah lapisan terluar bumi yang terdiri dari kerak samudera dan kerak benua,kerak samudera memiliki ketebalan 5-10 km,sedangkan kerak benua memiliki ketebalan 20-70 km

    ReplyDelete
  140. Nama:M.Dwiki Caysar Maulana
    Kelas:X.1
    Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2

    ReplyDelete
  141. Nama : PUTRI MEYLANI
    Kelas : X.1
    Litosfer adalah salah satu lapisan atau kerak padat yang membentuk bagian terluar bumi. Secara harfiah, istilah litosfer berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘batu'. Dari pengertian litosfer tersebut, dapat dipahami bahwa litosfer terdiri dari bagian atas kerak bumi dan bagian atas mantel yang keras dan padat.

    ReplyDelete
  142. Nama:Ridho Givari
    Kelas:10.1


    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi.Astenosfer: Di bawah litosfer terdapat lapisan yang disebut astenosfer. Astenosfer adalah lapisan mantel yang berada di bawah litosfer. Lapisan ini memiliki sifat yang lebih plastis atau lembek dibandingkan litosfer di atasnya.
    Proses Pembentukan Batuan Sedimen: 

                     Pelapukan: Batuan yang ada di permukaan Bumi terpecah menjadi potongan-potongan kecil melalui proses fisik (pelapukan mekanis) dan kimia (pelapukan kimia).

    lempung, batu breksi.
    Proses Batuan Metamorf:
    Metamorfosis: Batuan yang ada, baik batuan sedimen, beku, atau metamorf yang sudah ada, mengalami perubahan struktur dan komposisi mineral akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan Bumi.
    Proses Batuan Beku: 

                        Pembekuan Magma atau Lava: Magma yang naik ke permukaan Bumi mendingin dan membeku di tempat yang berbeda.

    ReplyDelete
  143. Nama : Eisya Ramadhona
    Kelas : X.I

    Kata litosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu lithos artinya batuan, dan sphera artinya lapisan.
    Litosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang paling atas yang terdiri dari batuan, umumnya lapisan ini terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan SO2.
    Litosfer adalah lapisan kulit bumi yang paling luar yang tersusun atas batuan dan mineral. Batuan penyusun litosfer adalah batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Induk dari segala batuan ini adalah magma. Lapisan kerak bumi terbagi menjadi dua macam yaitu lapisan sial di bagian atas dan lapisan sima dibagian bawah.

    ReplyDelete
  144. Nama: SYAHRIEL GUNAWAN
    Kelas:X1
    Litosfer:Litosfer adalah lapisan terluar bumi yang terdiri dari kerak samudera dan kerak benua,kerak samudera memiliki ketebalan 5-10 km,sedangkan kerak benua memiliki ketebalan 20-70 km

    Reply

    ReplyDelete
  145. Nama: Chelsi khiranti
    Kelas:X.1
    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologis seperti tektonik lempeng, gempa bumi, dan pembentukan gunung. Konsep litosfer penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi
    Proses Endogen:
    Proses endogen terjadi di dalam Bumi dan melibatkan kegiatan geologis yang terjadi di dalam mantel dan inti Bumi.


    Proses-proses ini termasuk tektonika lempeng, vulkanisme, dan seismisitas.
    Contoh Proses Endogen: Tektonika Lempeng: Pergerakan lempeng tektonik yang menyebabkan terbentuknya pegunungan, lembah, dan retakan tektonik

    ReplyDelete
  146. Nama : muhammad andrian
    Kelas : X. 1

    litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi.

    ReplyDelete
  147. Nma:Saharani
    Kelas:X.1

    -Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun diatas lempeng lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak.Lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebelan rata rata 1200km



    ReplyDelete
  148. Nama: kezia kontesta
    Kelas: X.1

    patahan dan lipatan adalah fenomena geologis yang terjadi sebagai hasil dari aktivitas tektonik di permukaan bumi.
    patahan dan lipatan terbagi menjadi dua yaitu:
    •patahan adalah retakan atau pecahan dalam kerak bumi yang terbentuk ketika tegangan tektonik menyebabkan batuan pecah dan bergeser satu sama lain, patahan terjadi ketika kerakan bumi tekanan dalam kerak bumi tekanan dalam kerak bumi melebihi kekuatan batuan yang menyebabkan batuan pecah dan bergeser.
    •lipatan atau tekukan atau lipatan dalam lapisan batuan yang terbentuk ketika batuan yang terbentuk ketika batuan mengalami tekanan horizontal dan menjadi lentur. Proses: lipatan terbentuk ketika batuan yang bersifat elastis menerima tekanan horizontal dan pergerakan lempeng tektonik, sehingga mengalami deformasi plastis dan membentuk lipatan.

    ReplyDelete
  149. Nama : Marrohaina
    Kelas. : X.1
    Mapel : geografi litosfer

    Litosfer adalah lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua,kerak samudra,dan bagian atas dari mantel bumi yang keras dan kaku. Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi,rata rata sekitar 100 km dibawah kerak benua

    ReplyDelete
  150. Nama : Cerillia Laura
    Kelas : X.2
    litosfer adalah lapisan padat terluar bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari lapisan bumi yang keras dan kaku.Litosfer ini memiliki ketebalan yang bervariasi, rata-rata sekitar 100 km di bawah kerak samudera dan bisa mencapai 200 km di bawah kerak benua. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain, menyebabkan peristiwa geologi seperti lempeng tektonik, gempa bumi, dan pembentukan gunung.
    Pelapukan merupakan batuan yang ada di permukaan bumi terpecah menjadi potongan kecil melalui proses fisik dan kimia .
    Perbedaan epirogenesis positif Dan epirogenesis negatif adalah epirogenesis positif menyebabkan peningkatan ketinggian sedangkan epirogenesis negatif menyebabkan penurunan ketinggian.

    ReplyDelete
  151. Nama; Rizki Amelia
    Kelas:X.1
    Litosfer adalah lapisan terluar bumi yg terdiri dari, kerak, atmosfer ,mantel, inti luar, dan inti.

    ReplyDelete
  152. Nama; Rizki Amelia
    Kelas;X.1
    Litosfer;
    Litosfer adalah kerak bumi
    terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain.[1] Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel. Possi litosfer berdekatan dengan astenosfer.[2] Litosfer termasuk lapisan kuat yang terletak di atas astenosfer yang lemah. Posisi litosfer membuat litosfer mudah turun ke astenosfer. Penurunan posisi litosfer ke astenosfer dipengaruhi oleh gaya regang dan gaya tekan bebatuan.[3] Litosfer berasal dari kata lithos yang artinya batuan, dan sphere artinya lapisan. Secara harfiah litosfer adalah lapisan Bumi yang paling luar atau biasa disebut dengan kulit Bumi.

    ReplyDelete
  153. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  154. Nama: Melda aliska
    Kelas: x,1
    Litosfer:
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng - lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak.posisi litosfer berada diatas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain . Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel . litosfer menyediakan permukaan padat yang di perlukan untuk organisme terestrial.manusia melakukan aktivitas di atas litosfer .

    ReplyDelete
  155. Nama: Muhammad Rizki Saputra
    Kelas:X.1

    -litosfer adalah lapisan padat terluar Bumi yang terdiri dari kerak benua, kerak samudera, dan bagian atas dari mantel Bumi yang keras dan kaku. Ini adalah bagian yang relatif dingin dan padat dari Bumi yang terletak di atas astenosfer, lapisan yang lebih lunak di dalam mantel bumi. Litosfer terdiri dari berbagai lempeng tektonik yang bergerak secara relatif terhadap satu sama lain

    ReplyDelete
  156. Nama : Dewi Anggraini
    Kelas : 10.1

    • Contoh batuan sedimen ;
    KONGlomerat, BREKsi, KApur, PAsir, SERpih.

    • Contoh batuan metamorf ;
    Pualam ( PU ), Sabak ( SA ), kuarsa ( KA ).

    • Contoh batuan beku;
    B = basalt
    O= ogsidion
    G= granit
    A= apung

    ReplyDelete
  157. Nama: Nasihul Amin
    Kelas: X.l

    Litosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu lithos artinya batuan dan sphera artinya lapisan. Macam-macam batuan:

    • Batuan sedimen
    Klasifikasi Batuan Sedimen
    Macam-macam batuan sedimen terbagi menjadi tiga, yaitu berdasarkan cara pengendapan, tenaga pengangkut, dan tempat pengendapan. Gue jelasin satu per satu ya.

    Berdasarkan Cara Pengendapan
    1. Batuan sedimen klastik: berasal dari pecahan batuan yang udah ada sebelumnya. Pecahan batuan tersebut kemudian mengendap di darat atau air.Contoh batuan sedimen klastik: breksi, konglomerat, batu pasir
    2. Batuan sedimen kimiawi: berasal dari proses kimia, kayak larutan yang kemudian mengendapContoh batuan sedimen kimiawi: batu kapur (gamping), gipsum
    3. Batuan sedimen organik: berasal dari endapan sisa-sisa bagian tubuh makhluk hidup dan mineral-mineral yang dihasilkan organisme itu. Ciri-ciri batuan sedimen organik adalah warnanya yang gelap menuju hitamContoh batuan sedimen organik: batu karang, batubara.
    4. Batuan sedimen vulkanik: berasal dari hasil letusan gunung berapi yang mengendap.Contoh batuan sedimen vulkanik: breksi.

    Berdasarkan Tenaga Pengangkut
    1. Batuan sedimen aeris atau aeolis: diendapkan oleh angin.
    Contoh batuan sedimen aeris/aeolis: tanah pasir, tanah loss, sand dunes, tanah tuff.

    2. Batuan sedimen aquatis: diendapkan oleh air.
    Contoh batuan sedimen aquatis: batu breksi, batu konglomerat, batu pasir.

    3. Batuan sedimen glasial: diendapkan oleh gletser atau es.
    Contoh batuan sedimen glasial: batu morena, drumlin.

    Berdasarkan Tempat Pengendapan
    1. Batuan sedimen terrestrial: proses pengendapan terjadi di darat.
    Contoh batuan sedimen terrestrial: breksi, batu pasir.

    2. Batuan sedimen marine: proses pengendapan terjadi di laut.
    Contoh batuan sedimen marine: garam batu (halit), gamping.

    3. Batuan sedimen fluvial: proses pengendapan terjadi di sungai.
    Contoh batuan sedimen fluvial: batu pasir, batu lempung.

    4. Batuan sedimen glasial: proses pengendapan terjadi di daerah bersalju atau es.
    Contoh batuan sedimen glasial: batu morena.

    ReplyDelete
  158. dinda wayang sari
    kls:x 4
    Litosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun atas lempeng-lempeng tektonik yang sangat sulit bergerak. Posisi litosfer berada di atas batuan terapung yang relatif mudah bergerak satu sama lain. Ketebalan rata-rata litosfer adalah 100 km dengan susunan kerak bumi dan mantel
    Perbedaan endogen dan eksogen.
    ~endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi. ini mengakibatkan permukaan bumi menjadi tidak rata dan terbentuk perbedaan kulit bumi antarlempeng.
    ~eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.

    ReplyDelete
  159. NAMA : NUR ' AWA
    KELAS: XI 6
    Dinamika kependudukan merujuk pada perubahan-perubahan dalam jumlah, struktur, distribusi, dan karakteristik penduduk suatu wilayah atau negara dari waktu ke waktu. Dinamika ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kelahiran, kematian, migrasi, dan faktor-faktor lainnya seperti tingkat fertilitas, harapan hidup, kebijakan imigrasi, urbanisasi, dan faktor ekonomi serta sosial lainnya.

    aspek penting dalam dinamika kependudukan :
    1.Kelahiran
    2.Kematian
    3.Migrasi
    4.Faktor sosial dan ekonomi
    4.Urbanisasi

    ReplyDelete

Pendidikan menurut ki hajar dewantara

 Pendidikan menurut ki hajar dewantara Ki Hajar Dewantara, yang nama aslinya adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang tokoh p...